DIREKTORAT PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERKEBUNAN

“Terwujudnya Masyarakat Perkebunan Modern dan Sejahtera Melalui Usaha Agribisnis yang Bernilai Tambah, Berdaya Saing dan Berkelanjutan Berbasis Sumberdaya Lokal”.

24/04/2018 - 11:42 AM

DIREKTORAT PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERKEBUNAN MENYELENGGARAKAN CAPACITY BUILDING PASCAPANEN KOPI DAN KAKAO UNTUK PETUGAS DINAS PROVINSI YANG MEMBIDANGI PASCAPANEN

Di Publish Pada : 10/04/2018 | Kategori : PERKEBUNAN

Penanganan pascapanen yang baik (Good Handling Practices) merupakan salah satu tahap yang penting dalam mengurangi kehilangan (lost) dan meningkatkan mutu hasil tanaman perkebunan. Komoditi kopi dan kakao merupakan komoditi perkebunan yang strategis karena pangsa pasarnya yang mencakup pangsa pasar dalam dan luar negeri.  Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, permintaan konsumen akan produk yang berkualitas juga semakin meningkat. Dengan kondisi ini maka petani perlu menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan permintaan konsumen.  

Dalam upaya meningkatkan pembinaan pascapanen kopi dan kakao kepada petani pemerintah dalam hal ini Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan menyelenggarakan Capacity Building Pascapanen untuk komoditi Kopi dan Kakao. Capacity Building Pascapanen untuk komoditi Kopi dan Kakao ini diselenggarakan di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) kebun Kali Wining, Kabupaten Jember selama 4 hari. Capacity Building Pascapanen untuk komoditi Kopi dan Kakao diikuti oleh petugas dinas dari 14 provinsi sentra  kopi dan kakao  yang membidangi pascapanen.

Sasaran Capacity Building Pascapanen untuk komoditi Kopi dan Kakao ini petugas dinas provinsi yang membidangi pascapanen denan harapan petugas tersebut memiliki ketrampilan yang baik dalam melakuka pembiaan pascapanen kopi dan kakao. Selain materi in door class, dilaksanakan juga praktik lapang pengolahan hulu dan hilir kopi menjadi biji kopi dan kakao menjadi bubuk kakao dan permen coklat.

Direktur Pengoahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Ir. Dedi Junaedi, M.Sc, pada sambutan pembukaan Acara menyampaikan bahwa sangat penting bagi petugas pembina petani memiliki ketrampilan dalam melaksanakan pascapanen yang baik termasuk komoditi kopi dan kakao agar dalam melaksanakan pembinaan khususnya pembinaan pascapanen kepada kelompok tani dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan praktik pascapanen yang baik (Good Handling Practices/GHP).HNY


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 9
Total pengunjung : 2142

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Kanpus Kementan, Jl. RM. Harsono No.3, Gedung C Lantai 3, Ragunan - Jakarta Selatan 12550 - Indonesia
021-7815585. Email : ditjenbun@pertanian.go.id