DIREKTORAT PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERKEBUNAN

“Terwujudnya Masyarakat Perkebunan Modern dan Sejahtera Melalui Usaha Agribisnis yang Bernilai Tambah, Berdaya Saing dan Berkelanjutan Berbasis Sumberdaya Lokal”.

18/06/2018 - 04:14 PM

PROVINSI KALIMANTAN SELATAN MENJADI UJI COBA SISTEM INFORMASI DATA BAHAN OLAH KARET (SISDABOKAR)

Di Publish Pada : 08/06/2018 | Kategori : PERKEBUNAN

Karet merupakan salah satu komoditi perkebunan yang berbasis rakyat karena sebagian besar (kurang lebih 95%) kebunnya merupakan Perkebunan Rakyat (PR). Selama ini pendataan karet telah dilakukan oleh Ditjen Perkebunan, yang mencakup aspek luas areal, produksi, produkrivitas, keterlibatan tenaga kerja, ekspor dan impor. Dalam upaya melengkapi sistem pendataan yang telah ada selama ini, Ditjen Perkebunan mengembangkan Sistem Informasi dan Pendataan Bahan Olah Karet secara on line (SISDABOKAR). Terkait hal ini, Kasi Teknologi dan Penerapan Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (PPHBUN) selaku Ketua Tim SISDABOKAR Tri Sunar Prasetyanti, S.Sos, MM menyatakan bahwa tujuan dari SISDABOKAR ini ialah untuk memenuhi kebutuhan data tentang BOKAR secara mudah dan cepat. "SISDABOKAR ini memiliki cakupan data yang lebih luas antara lain data kelompok tani, pengurus, harga produk per bulan atau per minggu, jenis produk, kapasitas produksi, jumlah perusahaan karet dan juga (unit pengolahan. Kadar karet kering, dan pemasaran bokar/uppb)".


SISDABOKAR ini diujicobakan di Provinsi  Kalimantan Selatan karena Provinsi Kalimantan Selatan merupan salah satu sentra karet dan memiliki produk oalahan karet yang cukup beragam. Tri Sunar Prasetyanti, S.Sos, MM, menambahkan, bahwa SISDABOKAR ini sangat efisien, mengingat data yang dibutuhkan dapat di up date dan dimanfaatkan sewaktu-waktu. Petugas pencatat data pada SisDABOKAR  ini ialah petugas dari Kabupaten yang akan dilatih. Diharapkan dengan adanya SISDABOKAR ini kedepan pendataan komoditi perkebunan akan dapat dilakukan aecara lebih tepat, akurat dan dapat menjangkau wulayah di seluruh Indonesia serta dapat menghubungkan antara pembeli dan penjual.

Adanya uji coba SISDABOKAR di Provinsi Kalimantan ini disambut positif oleh Stakeholders terkait baik dinas Perkebunan di Tingkat Provinsi dan Kabupaten serta Kelompok tani yang tergabung di dalam UPPB. Hal ini dapat dilihat dari pernyataan Ketua Asosiasi UPPB Kalimantan Selatan, Bp. Agus yang dengan gagah menyatakan sangat mendukung SISDABOKAR. Hny


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 9
Total pengunjung : 3976

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Kanpus Kementan, Jl. RM. Harsono No.3, Gedung C Lantai 3, Ragunan - Jakarta Selatan 12550 - Indonesia
021-7815585. Email : ditjenbun@pertanian.go.id